28 Agu 2015

Jalan Pahlawan Tempoe Doloe

Jalan Pahlawan Tempoe Doloe

Dulu Jalan Pahlawan Surabaya ini bernama Alun-alun Straat. Foto diambil tahun 1930. Masih terlihat ada rel trem listrik, kendaraan dokar dan mobil pada zaman itu. Sekarang semua sudah berubah.

GEDUNG Raad van Justitie

GEDUNG Raad van Justitie (Pengadilan Tinggi) di Zaman Belanda, di Jalan Pahlawan (Alun-alun Straat) pada perayaan HUT Ratu Wilhelmina tanggal 31 Agustus 1935. Ada acara karnaval dan pawai yang disaksikan rakyat yang memenuhi sepanjang jalan, viaduk jalan-jembatan pelintasan kereta api, bahkan sampai ke puncak gedung kantor Gubernur Jawa Timur di seberangnya.

menyaksikan upacara

Gedung Kantor Gubernur Jawa Timur di Jalan Pahlawan (Alun-alun Straat) Surabaya tanggal 31 Agustus 1935 ramai sekali, selain di jalan raya dan viaduk (jembatan) kereta api, gedung sampai ke atas atap kantor gubernur ditempati pengunjung yang menyaksikan upacara, pawai dan karnaval.

menyaksikan upacara

Pada zaman Jepang, gedung ini berubah fungsi menjadi Markas Polisi Militer (Kenpetai) dan sekarang sudah hancur. Di atas lahan ini berdiri kokoh Tugu Pahlawan untuk memperingati peristiwa heroik 10 November 1945. Tugu Pahlawan ini diresmikan oleh Presiden RI pertama Ir..Soekarno tanggal 10 November 1952 dan di bawahnya dibangun pula Museum (bawah tanah) Tugu Pahlawan yang mengoleksi berbagai peninggalan masa perjuangan tahun 1945.

Pertigaan Jl Kramat Gantung

Difoto dari arah utara ke selatan terlihat pertigaan Jl. Kramat Gantung - Jl. Pasar Besar - Jl. Tembaan - dan Jl. Alun-alun - Jl. Pahlawan. Nampak gedung/restoran "GRIMMS" (di pojok jalan).

Jalan Pahlawan Doloe

Pemandangan panorama terlihat dari Gedung/Restoran "GRIMMS" & CO., pusat tempat kue tart, ice cream, makanan/minuman. Restoran tersebut adalah bekas Kantin Anggota Kerajaan Belanda dan terakhir dijadikan Kantin Bintara Angkatan Laut RI. Kini sudah dibongkar dan didirikan mal tahun 2004. Arah ke utara dari selatan, pertigaan Jl. Pasar Besar - Jl. Kramat Gantung - Jl. Tembaan, nampak di kejauhan VIADUCT kereta api, Jl. Pahlawan, dan Kantor Gubernur belum dibangun.

Sumber :
https://binatalenta45.wordpress.com/category/jaman-dulu/jawa-timur/
http://dewey.petra.ac.id/catalog/ft_detail.php?knokat=6622

0 komentar:

Posting Komentar