28 Agu 2015

Monumen Tugu Pahlawan Surabaya

Monumen Tugu Pahlawan

Bangunan Cagar Budaya di Surabaya : Monumen Tugu Pahlawan

Monumen berbentuk Tugu ini didirikan di bekas reruntuhan gedung Raad Van Justitie (kantor pengadilan tinggi) yang di bangun Belanda.

PETA LOKASI... Klik disini

Tugu Pahlawan yang menjadi ikon Surabaya dulunya adalah sebuah gedung bernama Palais Van Justitie (gedung pengadilan tinggi) di masa pemerintahan Belanda. Dari gedung ini, ribuan pejuang asal Surabaya divonis dan dikirim ke berbagai penjara. Ada beberapa pejuang yang ditahan dan disiksa di gedung ini. Gedung ini kemudian ikut hancur dalam bombardir mesin perang sekutu pada 10 November 1945.

Karena gedung ini dianggap mewakili tradisi kepahlawanan Surabaya (peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya), dari bekas tempat berdirinya Palais Van Justitie inilah... dibangun Tugu Pahlawan.

Plakat BCBS

Plakat BCBS : Monumen Tugu Pahlawan

Pada masa pemerintahan Belanda Kota Surabaya memiliki 2 (dua) kantor Pengadilan Tinggi.  Kantor Pengadilan Tinggi di sawahan (yang sekarang menjadi Jl. Arjuna) dan kantor Raad Van Justitie di aloen-aloen straat (Jl. pahlawan). Raad Van justitie ini diperuntukan untuk mengadili orang-orang eropa atau diluar etnis eropa yang melakukan kejahatan berat.

Pada masa pemerintahan Jepang gedung Raad Van Justitie digunakan sebagai markas kenpetei. Kenpetei merupakan satuan polisi militer jepang yan terkenal kejam. Pada saat kekalahan jepang terhadap sekutu, gedung Raad Van Justitie  ini diserang habis-habisan oleh pemuda-pemuda Surabaya yang meluampiskan amarahnya terhadap kekejaman kenpetei.

Sumber :
https://pesonacagarbudayasurabaya.wordpress.com/2013/08/03/tugu-pahlawan-raad-van-justitie/

0 komentar:

Posting Komentar